Belajar HTML Part 1 : Pengertian HTML


Belajar HTML Dasar Pengertian HTML

Apa itu HTMl ? mungkin pertanyaan inilah yang terbersit pada benak anda yang baru mulai masuk kedalam dunia web programming. HTML merupakan bahasa pemograman dasar yang wajib di kuasai bagi seorang web developer. karena HTML merupakan unsur dasar dari pembangunan sebuah website. jika di ibaratkan HTML menjadi pondasi pada sebuah rumah atau bangunan. karena bentuk pada halaman website di buat menggunakan HTML. pada judul artikel Belajar HTML Part 1 : Pengertian HTML ini akan di jelaskan tentang pengertian dari HTML dan sekilas tentang sejarah HTML dan perkembangannya. oleh karena itu anda bisa menyimak artikel berikut ini tentang Pengertian HTML.

Pengertian HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website. didalam dunia pemograman berbasis website(Web Programming) html menjadi pondasi dasar pada halaman website. sebuah file HTML di di simpan dengan ekstensi .html (dot html) dan dapat di eksekusi atau diakses menggunakan web browser(Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari dan lain-lain). seperti yang sudah di jelaskan HTML adalah dasar dari sebuah website. untuk membuat sebuah website tidak cukup hanya menggunakan HTML, kita memerlukan bantuan CSS, JavaScript dan PHP untuk membuat sebuah website yang dinamis. jika halaman website dibuat hanya menggunakan HTML saja maka halaman website tersebut di sebut halaman statis karena tidak memiliki aksi atau fungsi-fungsi yang dapat mengelola website. tentu developer akan sangat di sibukkan dengan harus mengubah lagi file HTML setiap ingin mengupdate artikel.
HTML memiliki beberapa element yang tersusun dari tag-tag yang memiliki fungsi nya masing-masing. seperti tag heading, paragraf, pembuatan form, tombol, list, membuat hyperlink atau link yang menghubungkan antar halaman website dan banyak lagi lainnya yang akan malasngoding.com bahas pada artikel belajar HTML dasar selanjutnya di malasngoding.com.

Kegunaan HTML

HTML berfungsi sebagai pondasi sebuah halaman website. adapun yang dapat di lakukan dengan HTML adalah sebagai berikut :
  • Membungkus element-element tertentu sesuai kebutuhan
  • Membuat heading atau format judul
  • Membuat Tabel
  • Membuat List
  • Membuat Paragraf
  • Membuat  Form
  • Membuat Tombol
  • Membuat Garis
  • Membuat huruf tebal
  • Membuat huruf miring
  • Menampilkan gambar
  • Menampilkan video
Dan banyak lainnya yang akan kita pelajari di artikel malasngoding.com selanjutnya
Sampai saat ini HTML sudah sampai pada versi 5. HTML5 sudah memiliki banyak sekali fitur tambahan salah satunya dengan HTML5 memungkinkan kita untuk membuat streaming video tanpa bantuan flash. untuk tutorial cara membuat streaming video dengan HTML5 juga akan kita bahas pada tutorial belajar HTML dasar pada artikel selanjutnya di malasngoding.com. Belajar HTML Dasar Pengertian HTML
jadi kesimpulan dari pengertian HTML ini adalah HTML merupakan pondasi dasar dari sebuah pembuatan sebuah website. untuk mengeksekusi atau menjalankan file html harus menggunakan web browser.
Previous
Next Post »