CodeIgniter Part 2 : Cara Membuat Controller Pada CodeIgniter

Cara Membuat Controller Pada CodeIgniter

Halo jumpa lagi di tutorial codeigniter . pada tutorial codeigniter part 2 : Cara Membuat Controller Pada CodeIgniter ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat controller pada codeigniter, pengaturan dasar dan cara menggunakan controller pada codeigniter. seperti yang sudah di jelaskan pada tutorial sebelumnya tentang pengertiandan cara menggunakan codeigniter bahwa codeigniter menggunakan metode MVC untuk menciptaan kode atau syntax yang clean. di asumsikan untuk memahami konsep OOP terlebih dahulu sebelum mulai mempelajari codeigniter. karena codeigniter di bangun dengan menggunakan konsep OOP(Object Oriented Programming).
Controller sesuai dengan artinya jika di artikan ke dalam bahasa indonesia yang berarti pengontrol atau pengatur, yang di maksud pengontrol atau pengatur di sini adalah controller yang berperan sebagai pengatur dari aksi pada aplikasi yang di bangun, seperti misalnya jika di codeigniter controller yang berperan paling penting dari mulai mengirimkan parameter, menangani inputan form(form handling), mengatur view dan model, mengaktifkan atau memanggil library dan helpercodeigniter dan masih banyak lagi peran controller dalam membangun sebuah aplikasi dengan menggunakan framework php codeigniter.
Untuk memahami tentang cara menggunakan controller codeigniter sekarang coba jalankan project Codeigniter yang sudah di install pada localhost, di sini nama folder project codeigniter saya adalah “ci”, sehingga untuk menjalankannya pada browser dapat di akses langsung dengan alamat http://localhost/ci/. maka akan muncul halaman welcome codeigniter, ini karena pengaturan default controller yang di jalanakan pertama kali adalah controller welcome. dapat di lihat pada application/controllers/welcome.php. controller ini memanggil view welcome_message.php yang terletak pada folder view. view tidak kita jelaskan secara mendetail pada tutorial cara membuat controller pada codeigniter ini. melainkan akan kita bahas pada tutorial selanjutnya, tentang cara membuat view pada codeigniter.
Secara default saat pertama kali menginstall codeigniter dan menjalankannya, controller codeigniter yang pertama kali di jalankan adalah controller welcome, saat anda menjalankan nya pada browser maka yang pertama kali di jalankan adalah controller welcome. hal ini dapat di lihat pada pengaturan routes codeigniter yang menetapkan controller welcome sebagai controller default yang di jalankan. buka project controller yang sudah anda letakkan pada localhost sesuai dengan tutorial. buka file pengaturan routes.php yang terletak di application/config/routes.php
application/config/routes.php
1
2
3
$route['default_controller'] = 'welcome';
$route['404_override'] = '';
$route['translate_uri_dashes'] = FALSE;
dapat di lihat pada pengaturan routes codeigniter di atas, pada pengaturan default_controller di setting controller welcome, terdapat juga pengaturan untuk menangani halaman 404 atau halaman yang di tampilkan jika tidak di temukannya data ada url. anda dapat mengatur halaman 404 anda dengan cara memasukkan controller yang ingin anda jadikan untuk menetapkan halaman 404 pada aplikasi anda. pada pengaturan $route[‘translate_uri_dashes’]=false adalah pengaturan untuk menetapkan nilai true atau false untuk izin penggunaan tanda “-” (dash) pada controller di url pada saat di jalankan.
controller default ini dapat di akses langsung dengan alamat
1
http://localhost/ci
maka akan di munculkan controller default codeigniter yaitu controller welcome. atau bisa juga dengan mengakses alamat
1
http://localhost/ci/index.php/welcome
Cara Membuat Controller Pada CodeIgniter
Untuk membuat controller baru pada codeigniter anda dapat membuat file baru pada application/controllers/. untuk contoh di sini saya akan membuat sebuah controller belajar.php. dan untuk mendefinisikan class belajarnya buat class baru di dalam file belajar.php
application/controllers/belajar.php
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
<?php
defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

class Belajar extends CI_Controller {
               
                function __construct(){
                                parent::__construct();
                               
                }

                public function index(){
                                echo "ini method index pada controller belajar";
                }

                public function halo(){
                                echo "ini method halo pada controller belajar";
                }

}
dapat di perhatikan pada controller yang saya buat di atas. pertama kali yang harus di lakukan adalah meng-extends controller baru ini dengan CI_Controller.
1
class Belajar extends CI_Controller {
nama class harus di awali dengan huruf besar seperti contoh di atas. dan nama class harus sesuai dengan nama file controller yang di buat tadi. karena tadi saya membuat controller belajar.php maka penulisan class nya seperti atas.
1
defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');
syntax di atas berfungsi untuk mencegah akses langsung pada file controller. kemudian anda dapat membuat function construct() untuk menjalankan fungsi yang anda inginkan pada saat controller di akses. biasanya pada fungsi consruct() di letakkan fungsi untuk memanggil helper atau library.
kemudian lagi untuk contoh method pada controller ini saya membuat dua buah method yaitu index dan halo.
1
2
3
4
5
6
7
public function index(){
                echo "ini method index pada controller belajar | Cara membuat controller pada codeigniter";
}

public function halo(){
                echo "ini method halo pada controller belajar |Cara membuat controller pada codeigniter";
}
untuk menjalankan method index anda bisa mengaksesnya dengan alamat
1
localhost/ci/index.php/belajar
untuk method index boleh tidak di tuliskan karena pada saat controller di akses, maka yang pertama di jalankan adalah method index.atau bisa juga
1
Localhost/ci/index.php/belajar/index

 
cara membuat controller pada codeigniter
dan untuk mengakses function atau method halo dapat di akses dengan alamat
1
localhost/ci/index.php/belajar/halo

 
cara menggunakan controller codeigniter
Dan jika anda ingin menjadikan controller belajar ini sebagai controller default anda dapat melakukan setting nya di application/config/routes.php. dan ubah pengaturan default_controller menjadi belajar.
1
$route['default_controller'] = 'belajar';
Sekian tutorial cara membuat controller pada codeigniter.

Incoming search terms:
  • tutorial route dan controller di codeigniter
  • membuat fungsi pada codeigniter
  • masalah object no found codeigniter
  • localhost langsung ke controller
  • fungsi refresh pada codeigniter
  • deklrasi controller pada codeigniter
  • cara penulisa ci
  • cara mengkonfigurasi default controller di codeigniter
  • Cara membuat controllers codeigniter
  • cara buat fungsi codeigniter
Previous
Next Post »