Cara Meningkatkan Performa Laptop

Meningkatkan performa laptop memang bisa membuat sistem bekerja lebih cepat. Namun design laptop yang dibuat compact, memang memaksa laptop mengabaikan kekuatan dan performanya. Laptop memang dikondisikan untuk "mobile purpose", jika anda ingin mem-boost atau me-speed up, maka anda harus merelakan beberapa fitur dalam laptop, untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Dengan meningkatkan performa laptop, membuat sistem bekerja lebih cepat dengan resiko overheat/panas yang berlebihan. Sudah tentu anda harus memikirkan jalan keluar, untuk mengatasi overheat akibat sistem yang lebih cepat. Termasuk lingkungan di mana laptop berada, hindari tempat-tempat yang membuat laptop menjadi lebih panas. Seperti tempat tidur, tempat tanpa ventilasi atau buat eksternal fan untuk mendinginkan laptop.

Berikut cara meningkatkan performa laptop:
  • Anda bisa menghapus program-program yang otomatis bekerja sendiri ketika sistem mulai loading, yang dikenal dengan "start-up program". Anda bisa men-disable-nya dengan cara klik start >> klik run, lalu ketik "msconfig" tekan enter. Muncul kotak dialog, hapus centang pada "startup" aplikasi yang tidak anda butuhkan.
cara meningkatkan performa laptop

  • Nonaktifkan layanan yang tidak perlu dengan cara klik Start >> klik Run, lalu ketik "services.msc" tekan enter. Klik pada "Startup Type" untuk mengurutkan menu dengan kriteria ini, dan menonaktifkan layanan otomatis. Klik dua kali nama layanan dan pilih "Manual" dari menu drop-down "Startup type". Klik "Apply" untuk menyimpan pengaturan ini.
cara meningkatkan performa laptop

  • Tekan tombol "CTRL" "ALT" dan "DELETE" key untuk membuka task manager. Klik tombol "Processes" tab dan klik pada "CPU" untuk melihat aplikasi berdasarkan prosesor yang digunakan. "Sistem Proses Idle" tidak merugikan, tetapi aplikasi lain yang menggunakan berat CPU harus dihentikan jika mereka tidak diperlukan. Anda dapat mengakhiri dengan mengklik "End Process" dan tekan "OK" pada dialog konfirmasi.
cara meningkatkan performa laptop

  • Anda bisa meng-upgrade RAM laptop untuk meningkatkan performa laptop, sehingga setiap proses pada aplikasi yang sedang dibuka tidak lagi menggunakan hardisk, yang akses ratenya lebih lambat dari RAM. Sehingga sistem yang jelas menjadi lebih cepat dan lebih menekan panas, karena lebih efisien.
Previous
Next Post »