Begini Loh Cara Pakai Google Spaces

Bagaimana caramu berbagi file dengan grup? Pakai beberapa aplikasi (karena harus copy and paste tautan, mencari dan berbagi artikel, browse dan posting video dan gambar, dll)? Kalau terima tautan video misalnya, kamu mungkin membukanya dari YouTube.
Nah, Google ingin meniadakan kerepotan itu melalui produk baru yang dinamai Spaces. Google Spaces sudah tersedia sebagai app mobile dan app desktop untuk semua akun Gmail. Dengan Spaces, kamu bisa copy and paste tautan, mencari dan berbagi artikel, browse dan posting video dan gambar, dll di dalam satu aplikasi.
Loh bukannya Google sudah punya produk yang memungkinkan kita berkolaborasi, seperti Docs dan Spreadsheets. Apa bedanya? Hmm, masing-masing app produktivitas itu punya fokus sendiri.Docs misalnya memungkinkan kita membuat, berbagi dan mengontribusikan teks dan tautan. Sedangkan Spreadsheets tentang membuat, berbagi dan mengontribusikan statistik dan angka.
Spaces beda. Di sini kamu bebas membuat topik apa saja. Bisa dinamai apa saja. Ditambahi apa saja. Boleh dimasuki gambar, atau rekaman video real-time. Kamu juga boleh melakukan Google search, lalu mengopi sebuah tautan dan mem-paste-nya. Bebas! Tidak cuma urusan mengetik teks dalam dokumen atau memasukkan angka di sel.
Di Spaces, para pengguna akun Gmail bisa berkumpul dalam satu grup (setelah diundang) dan langsung mulai bercakap-cakap tentang sebarang topik dan berbagi tautan, artikel, video, image dan lain-lain. Kamu tidak perlu keluar aplikasi. Sebab Google sudah membenamkan layanan inti seperti Google Search, Chrome, dan YouTube.
Jika ada teman grupmu yang berbagi sesuatu yang baru, maka kamu bisa melihat apa yang sedang dibicarakan seluruh grup di conversational view. Jika mau menemukan apa yang sudah dibagi (shared) sebelumnya, kamu bisa melakukan pencarian cepat di Spaces.
Google Spaces bisa difungsikan di Android, iOS, desktop, dan mobile web untuk semua akun Gmail. Silakan mengunduh dan menggunakannya. Gratis kok.

Begini cara pakainya:
Versi Mobile
(yang dicoba adalah versi iOS, app Android mungkin sedikit berbeda)
google spaces1
  1. Unduh dan buka Spaces for iOS atau Android. 
    2. Waktu buka Spaces untuk pertama kali, kamu harus memilih/sign ke akun Gmail-mu (atau mungkin kamu sudah melakukannya).
    3. Akan muncul layar yang memungkinkan kamu membuat sebuah space. Tap Create a Space untuk memulai satu topik.
    4. Kamu akan menghadapi layar dengan space-mu. Tap bidang Untitled Space dan masukkan nama untuk space-mu.
    5. Setelah selesai, tap tautan Invite Via di bawah nama space-mu untuk mengundang orang lain bergabung ke space yang baru kamu buat.
    6. Saat di layar untuk space barumu, tap tombol Post di bagian bawah untuk membuat posting pertamamu.
    7. Pada layar Post, kamu akan melihat empat tombol di bagian bawah: link (Google Search), video (YouTube), image (camera roll), quote (menulis posting). Pilih yang mau kamu lakukan.  
    8. Pastikan men-tap tombol Post untuk berbagi sesuatu.
    9. Begitu kamu men-share sebuah posting, tap pada  post di space-mu untuk melihatnya di conversational view dan mungkin mengomentarinya. Kalau mau menghapus posting, tap simbol […] di atasnya saat kamu berada di layar Space.
    10. Pada layar Conversational view, kamu akan melihat lima tombol di bagian bawah: quote (menuliskan komentar), link (Google Search) image (camera roll), camera (memotret atau merekam video), sticker (mengirim stiker). Pilih salah satu untuk mengisi space-mu lagi. 
    Ketika ada orang yang berkontribusi ke space yang kamu buat atau kamu ikuti, kamu akan menerima pemberitahuan di Activity center, yang bisa kamu akses dari menu bar utama (biasanya ada  di dasar layar app).
    11. Untuk melihat space apa saja yang kamu ikuti atau bikin, tap opsi Spaces di menu bar utama. Untuk membukanya, tap pada namanya. Kamu juga bisa membuat space baru dari layar ini.
    12. Untuk mencari space-mu, tap Spaces di menu bar utama. Hub Spaces-mu akan muncul, dengan field pencarian di bagian atas. Masukkan kata kunci atau kalimat untuk mulai mencari semua spaces-mu.
    13. Untuk mengakses Settings, tap simbol tiga-titik di kanan atas hub Spaces.
    14. Untuk mengelola akun Gmail mana yang kamu pakai dengan Spaces, tap gambar profilmu dari sebarang layar, seperti Spaces hub.
Versi Web 
(yang dipakai adalah desktop web app di Chrome;  mobile web app mungkin sedikit berbeda.)
google spaces2
1. Buka https://spaces.google.com di browser (desktop atau mobile).
Saat pertama kali membuka Spaces di web, kamu harus memilih/masuk ke akun Gmail-mu.
2. Akan muncul layar utama yang memungkinkan kamu membuat sebuah space. Klik Space untuk memulai sebuah topik.
3. Akan hadir layar untuk membuat space. Klik bidang Untitled Space dan ketikkan nama untuk space-mu.
4. Setelah selesai, klik tautan Invite Via di bawah nama space untuk mengundang orang lain ke space yang baru kamu buat.
5. Kamu akann melihat bidang Post dengan tiga tombol: link (menambahkan tautan; juga bisa mengakses ekstensi Chrome), image (camera roll-mu), quote (menulis posting). Pilih opsi tersebut untuk membuat dan men-share space barumu.
Jangan lupa mengklik tombol Post. Apa pun yang kamu share ke orang lain akan muncul di  conversational view di bawah bidang Post.
6. Untuk melihat semua spaces yang kamu ikuti atau buat, klik tombol Spaces di menu bar atas.
7. Untuk mencari spaces-mu, klik Spaces di menu bar atas. Spaces hub-mu akan muncul, dengan field pencarian di bagian atas. Ketikkan kata kunci atau frasa untuk mulai mencari semua spaces-mu.
Ketika ada orang yang berkontribusi ke space yang kamu buat atau kamu ikuti, kamu akan menerima pemberitahuan di Activity center, yang bisa kamu akses dari menu bar utama (klik Spaces di menu bar atas). Activity Center akan muncul di sisi kanan Spaces hub-mu.
Menu slide-out di kiri juga punya tautan ke Spaces hub-mu, fungsi search built-in, Settings, dan unduhan app.
Previous
Next Post »