5 Aplikasi Boros Kuota Internet


Baik itu Android dan iOS, Aplikasi mobile memang punya tingkat konsumsi data berbeda-beda. Ada yang sedikit, ada pula yang menyedot banyak kuota internet.

Berikut 5 aplikasi yang boros kuota internet

1. Facebook

Jika pengguna rutin mengecek Facebook setiap lima menit sekali, dijamin kuota data bisa jebol. Karena aplikasi ini tidak hanya berisi pesan teks saja, tapi ada juga foto dan video, yang biasanya memang boros kuota internet.

Ditambah lagi adanya fitur autoplay video, Untungnya fitur tersebut  bisa dimatikan atau hanya aktif ketikan perangkat terhubung ke WiFi.

2. Instagram

Tidak hanya foto, Instagram ada konten videonya juga. Konten foto saja sudah menyedot banyak kuota data, apalagi video?

Konsumsi kuota internet akan lebih rakus jika Anda membiarkan video-video tersebut berputar secara otomatis. Sayangnya, fitur tersebut tidak bisa dimatikan.

Sebagai solusi, cobalah buka menu pengaturan. Anda akan menemukan tab bertuliskan Cellular Data Use di bagian bawah. Pilih tab tersebut dan nyalakan fitur Use Less Data. Dengan demikian aplikasi akan otomatis menghemat kuota internet Anda.

3. Twitter

Walaupun ada banyak kicauan yang muncul, pengguna biasanya tak akan merasa kuota internet mereka disedot habis.

Tetapi, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan. Sama halnya Facebook, Twitter juga memiliki fitur autoplay video. Setiap kali Anda membiarkan video berputar, maka kuota internet akan tersedot banyak.

Atur agar autoplay hanya berfungsi saat terhubung ke WiFi atau matikan saja fitur tersebut. Jika ingin menghemat kuota internet.

4. YouTube

Sebagai aplikasi pemutar video, sudah tentu YouTube merupakan yang paling besar memakan kuota internet. Untungnya aplikasi buatan Google ini tidak otomatis memutar video, sehingga pemakaiannya bisa sesuai kesadaran pengguna.

Kamu masih bisa berhemat kuota internet, jika tetap ngebet nonton YouTube di smartphone. Caranya dengan mengatur YouTube pada resolusi video terendah.

5. Spotify

Aplikasi streaming musik ini memanjakan telinga penikmat musik. Jika Kamu memakai aplikasi lagu yang seolah tak ada habisnya itu sebagai teman berkegiatan, kuota data Kamu dipastikan terkuras.

Cara yang lebih hemat, Spotify menawarkan fitur download untuk pengguna premium. Dengan cara ini, pengguna bisa mengunduh berbagai album lagu favorit dan memutarnya tanpa harus berulang kali memakai kuota internet.

sumber: tekno.kompas.com
Previous
Next Post »