9 Cara Meningkatkan SEO


Optimasi mesin pencari atau SEO yang biasa juga disebut Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan trafik yang bersumber dari search engine menuju alamat web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut.


kkPeningkatan SEO ini memang menjadi sangat penting untuk diupayakan seiring dengan tujuan untuk meningkatkan populer sebuah blog di dunia blogging hasil pencarian mesin pencari (SERP) semacam Google search engine, Bing maupun Yahoo search engine. Tidak dapat disangkal lagi bahwa optimasi SEO ini penting bagi sebuah blog untuk  bersaing dengan ribuan atau bahkan jutaan blog yang lain (yang memiliki tema sama atau hampir mirip tentunya.

Oke, langsung  menuju pada pembahasan tentang cara-cara dasar tersebut


1. Riset keyword
Sebelum anda membuat artikel, kita harus riset dulu keyword apa yang bagus dalam pencarian dan sedikit dalam persaingan. Setelah mendapatkannya maka buatlah artikel yang menarik dan terstruktur sesuai keyword tersebut. Jangan berlebihan karena akan membuat pembaca tidak nyaman. Buatlah artikel dengan keyword yang natural dan bersifat informatif sehingga menambah pengetahuan pembaca.

2. Pemilihan Template Blog.
Template sebuah blog adalah merupakan dasar atau pondasi utama yang mendukung segala macam konten atau isi sebuah blog, baik itu berupa artikel-artikel blog, berbagai macam widget blog, menu-menu navigasi, pemasangan iklan-iklan pada blog dan lain sebagainya. Untuk kepentingan tersebut, maka sebaiknya kita memilih template blog yang SEO Friendly, syukur-syukur bisa mempergunakan Responsive Template akan lebih baik.

3. Pemasangan Meta Tag
Meta tag biasanya berisi kata kunci yang berhubungan dengan blog anda. Macamnya ada banyak, yang biasanya dipakai seperti Meta Keyword, Description, Author, dan lain-lain. Dari sekian banyak Meta Tag yang ada, yang paling penting kita perhatikan adalah Meta Description dan Meta Keyword. Usahakan jangan sampai terjadi duplikat Meta Description ataupun duplikat Meta Title.




4. Spesifikasi artikel
Algoritma Google yang baru lebih menyukai artikel yang panjang, informatif dan natural. Sehingga kita perlu untuk membuat artikel dengan jumlah kata minimal 400 kata. Dalam pembuatan artikel, hindari pembahasan yang diulang-ulang. Jangan bertele-tele dan masukan poin-poin yang penting saja. Quality Content saat ini adalah fokus yang harus anda kembangkan. Website dengan banyak artikel berkualitas akan mendapatkan nilai positif. Baik dari Google maupun visitor.

5. SEO on Page
SEO (Search Engine Optimization) on Page adalah penerapan SEO di dalam artikel itu sendiri. Yakni menggunakan internal link ke homepage dan related post yang disisipkan dalam artikel itu sendiri. Penerapan SEO on page yang benar pada artikel anda akan membuatnya lebih kuat dan stabil di persaingan dan membuat pembaca tertarik untuk membaca artikel lain di website sehingga menghindari terjadinya bounce rate yang tinggi.

6. Hindari spam backlink
Dulu saat Google belum memiliki algortitma baru, spam backlink yang berlebihan bisa membuat posisi artikel dan website kita meroket. Namun perlu anda tahu bahwa Google sudah melakukan perubahan algoritma. Penggunaan backlink yang berlebihan malah akan menjadi bumerang yang memukul balik website kita di hasil pencarian. Maka buat backlink yang berkualitas dan senatural mungkin, rutin dan tidak membabi buta. Google lebih suka semua yang terlihat alami dan natural.

7. Keep it natural
Sosial media seperti FB, Twitter dan lain sebagainya bisa menunjang trafik anda. Namun mendapatkan trafic dari sini dianggap bukanlah trafic yang alami. Sehingga tidak berpengaruh apa-apa di Google. Maka begitu pula dengan Social Bookmark. Trafik yang dihasilkan keduanya dianggap bukan visitor alami yang memang mencari informasi. Sementara Google lebih menyukai sumber trafic yang alami dan natural dari Search Engine. Jadi buatlah semua natural dan alami. Tidak perlu ngotot.

8. Konsiten dan fokus
Website yang rutin update setiap hari akan dinilai bagus oleh Google. Ranking Alexa akan langsing secara alami. Page rank akan meningkat secara natural. Maka jadikan diri anda konsisten untuk update artikel berkualitas yang disukai pembaca. Perlahan website 
Anda akan memiliki posisi yang baik di halaman pencarian.


9. Lakukan Backlink

Cara promosi yang sangat familiar sekali untuk kalangan blogger adalah backlink.Saling bertukar link (Link Exchange) adalah hal yang perlu dilakukan . Sebagai kiat cemerlang untuk berpromosi, ini juga bisa sebagai cara untuk ajang kekerabatan antar blogger.
Previous
Next Post »